MAU PASANG IKLAN GRATIS UNTUK MENDAPAT PENGUNJUNG LEBIH BANYAK DAN MEMPERCEPAT USAHA ANDA BERHASIL...KLIK DISINI!!

Pasang Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar

Iklan Baris Gratis ini disediakan untuk anda sebagai pemilik usaha, barang dan jasa serta berbagai peluang bisnis dan peluang usaha supaya anda bisa menunjukkan - mempromosikan produk jasa anda kepada seluruh dunia di internet. Promosi merupakan darah bagi kelancaran bisnis anda... untuk itu silahkan datang sesering mungkin untuk mempromosikan dan pasang "Iklan Baris Gratis" anda di website ini.

Pasang Iklan Baris Gratis disini bisa untuk jenis iklan apa saja, misalnya: iklan rumah, properti, jasa, domain hosting, laptop komputer, villa, kendaraan motor mobil, handphone hp bekas baru, bisnis mlm, segala jenis barang dan jasa.

Pasang iklan Anda, Gratis sepuas-puasnya di seluruh network Kami yg lain:

  • Azon Profit Master

Jual Kamboja Kering Dan Basah

Pohon kamboja, khususnya kamboja berbunga putih (Plumeira alba), masih dipandang sebelah mata. Sebab, kebanyakan tanaman ini tumbuh di kuburan. Tidak jarang, orang menyebutnya sebagai bunga kuburan. Bunganya yang telah dikeringkan, lantas ditumbuk halus, banyak dipakai sebagai bahan baku wewangian, kosmetik, industri kerajinan dupa, spa, serta teh herbal. Untuk harga perkilo, kami tidak mematok harga paten dikarenakan harga yang tidak stabil dan berubah sewaktu-waktu. Jika anda berminat, silahkan hubungi kami atau jika anda ada di Banjarmasin, bisa datang langsung ke tempat kami.
Dikirim oleh : Kamboja Kering, banjarmasin, 081334232727 | Kunjungi Website

DOWNLOAD - JURUS GOBLIN SAKTI

Jurus ampuh terbaik meraup RATUSAN SAMPAI RIBUAN dollar per hari! Kini Sudah saatnya anda berhasil meraih kebebasan finansial Anda dg strategi se-simple ini Ayoo..Buktikan kedahsyatan jurus ampuh ini! Raih Kebebasan finansial Anda sekarang juga! Dapatkan full Suport dari kami
Dikirim oleh : meki coli, mekicoli.blogspot.com, 082298975358 | Kunjungi Website

Kehamilan Remaja

Minggu, 16 September 2012
BAB I
PENDAHULUAN

Era globalisasi dan derasnya arus informasi menyebabkan masuknya budaya luar negeri ke dalam masyarakat, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui multimedia. Hal ini menyebabkan pergeseran budaya dan moral masyarakat. Selain itu, faktor krisis ekonomi di negara kita, yang disertai juga dengan krisis sosial dan agama, makin mempengaruhi kehidupan masyarakat.
Salah satu dampaknya adalah meningkatnya pergaulan bebas yang antara lain berdampak pada meningkatnya kasus kehamilan remaja dan permasalahan obstetri lainnya pada remaja seperti abortus, penyakit menular seksual,  komplikasi kehamilan, dan  masalah psikologis. 
Kehamilan remaja adalah isu yang cukup banyak mendapat perhatian karena dampaknya tidak hanya pada remaja sebagai individu serta bayi mereka, namun juga berpengaruh secara luas pada keluarga, masyarakat, dan negara, tidak hanya di Negara berkembang tetapi juga masih menjadi permasalahan di negara yang telah maju. Di Amerika Serikat diperkirakan 96 kehamilan dari setiap 1000 remaja perempuan atau lebih dari 1 juta kehamilan setiap tahunnya. Di antaranya, setengahnya lahir hidup, 40% memilih aborsi, dan sisanya mengalami aborsi spontan. Hampir 85% merupakan kehamilan yang tidak diinginkan.
Remaja perempuan yang mengalami kehamilan pada umumnya menghadapi masalah pada periode prenatal dan antenatal. 50% kehamilan ini tidak mendapatkan pelayanan medis pada trimester pertama. Kehamilan remaja juga sering disertai dengan penyakit menular seksual (PMS) dan berat badan lahir rendah (BBLR), dengan akibat peningkatan morbiditas dan mortalitas.

Pada suatu survey yang dilakukan di Jakarta pada tahun 2007, 22,6% remaja hamil akibat seks bebas. Hal ini antara lain disebabkan minimnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Sedangkan di Palembang sendiri belum ada data mengenai angka kehamilan remaja dan permasalahannya.
            Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah (Hurlock, 1998). Oleh karenanya, remaja sangat rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial (TP-KJM, 2002).
Masa remaja merupakan sebuah periode dalam kehidupan manusia yang  batasannya usia maupun peranannya seringkali tidak terlalu jelas. Pubertas yang dahulu dianggap sebagai tanda awal keremajaan ternyata tidak lagi valid sebagai patokan atau batasan untuk pengkategorian remaja sebab usia pubertas yang dahulu terjadi pada akhir usia belasan (15-18) kini terjadi pada awal belasan bahkan sebelum usia 11 tahun. Seorang anak berusia 10 tahun mungkin saja sudah (atau sedang) mengalami pubertas namun tidak berarti ia sud ah bisa dikatakan sebagai remaja dan sudah siap menghadapi dunia orang dewasa. Ia belum siap menghadapi dunia nyata orang dewasa, meski di saat yang sama ia juga bukan anak-anak lagi. Berbeda dengan balita yang perkembangannya dengan jelas dapat diukur, remaja hampir tidak memiliki pola perkembangan yang pasti. Dalam perkembangannya seringkali mereka menjadi bingung karena kadang-kadang diperlakukan sebagai anak-anak tetapi di lain waktu mereka dituntut untuk bersikap mandiri dan dewasa.





BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

II.1 Definisi Remaja
Menurut definisi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), remaja (adolescence)adalah mereka yang berusia 10-19 tahun.  Sementara PBB menyebut anak muda (youth) untuk usia 15-24 tahun. Ini kemudian disatukan dalam terminologi kaum muda (young people) yang mencakup usia 10-24 tahun.  Sedangkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal 7, membatasi usia seorang perempuan boleh menikah minimal 16 tahun dan laki-laki 19 tahun.
Pada usia 10-19 tahun, anak mengalami perubahan yang cepat pada ukuran dan bentuk tubuh, fungsi fisiologi, psikologi, dan sosial. Periode ini disebut dengan masa remaja, dimana terjadi perubahan hormonal yang bertujuan menghantarkan perubahan dari masa anak ke masa dewasa. Keadaan  remaja sangat bergantung pada beberapa karakteristik remaja yang khas, baik usia, pendidikan, status pekerjaan, kesehatan, dan juga aktivitas seksualnya.
Perkembangan pubertas yang pertama pada anak wanita adalah perkembangan payudara pada umur 8 – 13 tahun. Menars umumnya terjadi 2 – 2,5 tahun setelahnya (normal antara usia 9 – 16 tahun), bersamaan dengan puncak kecepatan tumbuh tinggi. Selanjutnya diikuti perkembangan ovarium, uterus, labia, klitoris, penebalan mukosa endometrium, dan vagina. Ketertarikan akan aspek seksual muncul sehubungan dengan perkembangan emosi.
Masa remaja dibagi menjadi 3 tahap, yaitu masa remaja dini (10 – 13 tahun), masa remaja menengah (14 – 16 tahun), dan masa remaja lanjut (17 – 19 tahun). Keterlibatan remaja akan aspek seksual telah dimulai sejak masa remaja dini berupa ketertarikan/ minat, diikuti keingintahuan yang besar serta dorongan untuk mencoba pada masa remaja menengah, dan pada masa remaja lanjut telah timbul konsolidasi akan identitas seksual.

II.2 Keadaan Remaja Saat Ini
Remaja dunia saat ini menghadapi tantangan yang berbeda dari beberapa dekade yang lalu, baik di bidang sosial, ekonomi, maupun kesehatan. Urbanisasi dan peningkatan populasi yang cepat menimbulkan tekanan pada kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur sosial, yang mana turut berperan mengubah budaya tradisional dan struktur keluarga. Kesehatan dan pendidikan untuk remaja secara umum menunjukkan perbaikan, namun sebenarnya anak dan remaja perempuan masih tertinggal dibanding lelaki.
Sekitar 1 milyar manusia di bumi saat ini adalah remaja (hampir setiap 1 dari 6) dan 85%  diantaranya hidup di negara berkembang. Banyak sekali remaja, khususnya wanita, yang sudah aktif secara seksual meski tidak selalu atas pilihan sendiri, dan di berbagai daerah atau wilayah kira-kira separuh dari mereka sudah menikah. Kegiatan seksual menempatkan remaja pada tantangan risiko terhadap berbagai masalah kesehatan reproduksi, seperti kehamilan yang tidak dikehendaki, risiko kesehatan sehubungan kehamilan terlalu awal, pengguguran yang tidak aman, PMS, dan HIV.
Penyebab utama kematian perempuan berumur 15-19 tahun terutama disebabkan oleh komplikasi kehamilan, persalinan, dan  keguguran. Statistik juga menunjukkan diantara 1/3-2/3 korban perkosaan di seluruh dunia berumur sekitar 15 tahun atau kurang. Penderita PMS paling tinggi juga pada usia ini,  termasuk infeksi HIV.


II.3 Perilaku Seksual Remaja
Masa remaja adalah masa transisi, pertumbuhan, eksplorasi dan peluang. Remaja perempuan sekarang mencapai menars lebih awal, namun pada waktu yang bersamaan, remaja kurang mendapat informasi bagaimana cara melindungi kesehatan seksual mereka. Tingkah laku seksual dan reproduksi remaja dapat dibagi dalam tiga kelompok yaitu (a) pengalaman seksual dini dan perkawinan yang lambat, (b) perkawinan dini dan memiliki anak, dan (c) golongan transisi.
Kelompok pertama terutama ditemukan di negara maju serta di kota besar di negara berkembang. Mereka melakukan hubungan seksual pada usia belasan tahun, tidak memakai obat atau cara kontrasepsi, sering terjadi kehamilan yang tidak diinginkan, cenderung mengakhiri kehamilan dengan aborsi, menikah pada usia relatif tua, dan sering menderita penyakit menular seksual. Para remaja tersebut nantinya menikah pada umur yang lebih tua karena berbagai kondisi. Survei menunjukkan 43 persen dari perempuan di Sub-Sahara Afrika dan 20% dari perempuan di Amerika Latin umur 20 tahun telah melakukan hubungan seksual sebelum nikah. Di beberapa negara maju, angka tersebut lebih tinggi: 68% dari remaja di Amerika Serikat dan 72% di Perancis, telah berhubungan seksual sebelum nikah.
Kelompok kedua ditandai dengan perkawinan segera sesudah haid pertama, diikuti dengan kehamilan yang rapat dan banyak. Kehamilan dan hubungan seksual di luar nikah, kejadian pengguguran kandungan dan penyakit kelamin umumnya lebih rendah. Kelompok terakhir ditemukan di daerah perkotaan pada masyarakat yang sedang mengalami masa transisi. 
Banyak remaja aktif secara seksual (meskipun bukan karena pilihan mereka sendiri). Kehamilan dini menjadi keharusan sosial bagi remaja muda yang sudah menikah (karena mereka diharapkan untuk membuktikan kesuburan mereka). Namun sebaliknya, remaja tetap harus menghadapi risiko kesehatan sehubungan dengan kehamilan dini dengan tidak memandang status perkawian mereka. Remaja yang menikah tidak menghadapi risiko sosial yang sama jika dibandingkan dengan yang tidak menikah, tetapi mereka tetap akan meghadapi komplikasi PMS dan risiko kesehatan akibat hamil pada usia muda.
Beberapa penelitian tentang perilaku reproduksi remaja yang telah dilakukan menunjukkan tingkat permisivitas remaja di Indonesia cukup memprihatinkan. Faturochman (1992) merujuk beberapa penelitian yang hasilnya dianggap mengejutkan, seperti penelitian Eko seorang remaja di Yogyakarta (1983). Penelitian SAHAJA di Medan (1985) dan di Kupang (1987), dan penelitian yang dilakukan oleh Unika Atmajaya Jakarta dengan Perguruan Ilmu Kepolisian. Semua penelitian tersebut menunjukkan bahwa remaja di daerah penelitian yang bersangkutan telah melakukan hubungan seksual.
Penelitian-penelitian tentang kesehatan reproduksi remaja yang pernah dilakukan di Bali memberikan gambaran yang tidak jauh berbeda dengan penelitian di daerah lainnya. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan di Bali di antaranya oleh Faturochman dan Sutjipto (1989), Mahaputera dan Yama Diputera (1993), Tjitarsa (1994), dan Alit Laksmiwati (1999). 
Kehamilan remaja adalah isu yang mendapat perhatian pemerintah.  Karena masalah kehamilan remaja tidak hanya membebani remaja sebagai individu dan bayi mereka namun juga mempengaruhi secara luas pada seluruh strata di masyarakat dan juga membebani sumber-sumber kesejahteraan.   Statistik membantu melihat masalah tersebut.  Rata-rata kehamilan remaja di Amerika Serikat (AS) yang tertinggi dibandingkan dengan negara-negara barat lainnya.  Menurut estimasi, 96 per 1000 perempuan usia 15-19 tahun hamil setiap tahunnya (Repke, 1990).  Namun, alasan-alasannya tidak sepenuhnya dimengerti.  Beberapa sebab kehamilan termasuk rendahnya pengetahuan tentang keluarga berencana, perbedaan budaya yang menempatkan harga diri remaja di lingkungannya, perasaan remaja akan ketidakamanan atau impulsifisitas, ketergantungan kebutuhan, dan keinginan yang sangat untuk mendapatkan kebebasan.
Aktifitas seksual pada remaja perempuan, di banyak komunitas menjadi norma dibandingkan penerimaan.  Sebuah penelitian menemukan antara tahun 1980, 45% remaja perempuan usia 15-19 tahun aktif seksual sebelum menikah, dan diestimasikan 36% dari mereka hamil dalam 2 tahun sejak pengalaman seksual pertama mereka (Davis, 1989).   Efek dari kehamilan remaja mungkin sangat merusak bagi remaja perempuan.  Van Winter & Simmons (1990) melaporkan lebih dari 1 juta kehamilan pada remaja di AS setiap tahunnya,  setengahnya kelahiran hidup, 400,000 memilih aborsi dan 100,000 lainnya aborsi spontan.  Hampir 85% dari kehamilan ini tidak diinginkan, menurut para peneliti,  dari 97% remaja mempertahankan kehamilannya.   Biaya tahunan yang disubsidi oleh masyarakat untul pelayanan bagi para bayi ini diperkirakan 20 trilyun (Hardy, 1988; Johnson, Lay, & Wilbrandt, 1988).  
Menurut Fielding & Williams (1991),  di samping tingginya angka kejadian kehamilan pada remaja dan masalah yang berkaitan dengan kehamilan yang dilanjutkan,  remaja adalah yang paling sedikit menggunakan kontrasepsi.  Masalah kehamilan setiap tahunnya pada remaja usia 14 tahun ke atas atau di bawahnya terus-menerus meningkat.

II.4 Faktor Penyebab Kehamilan Remaja
Penyebab kehamilan remaja adalah multifaktorial, pada tingkat remaja sendiri, keluarga, maupun lingkungan. Kemampuan remaja menghindari aktivitas seksual dini dan kemampuan membuat pilihan dan menggunakan kontrasepsi yang efektif, akan menghindari risiko kehamilan yang tidak diinginkan.

Terdapat beberapa prediktor yang mempengaruhi hubungan seksual pada masa remaja dini, antara lain perkembangan pubertas yang dini, riwayat pelecehan seksual, kurangnya perhatian dan teladan dari orangtua, pola dan budaya pergaulan keluarga dengan riwayat hubungan seksual dini dalam keluarga, dan aktivitas sekolah yang rendah serta putus sekolah. Sebaliknya beberapa faktor yang memperlambat hubungan seksual remaja antara lain tinggal dengan orangtua dalam lingkungan yang stabil, pendidikan yang tertib, serta pendapatan keluarga yang lebih baik.
Jika terjadi kehamilan, keputusan untuk mengandung, merawat sendiri atau menitipkan anaknya, atau mengakhiri kehamilannya, dipengaruhi juga oleh banyak faktor. Orangtua, terutama ibu, sangat besar pengaruhnya terhadap keputusan yang akan diambil oleh remaja. Selain itu, pasangan dan teman sebaya juga memiliki peranan. Remaja yang telah bekerja, keinginan untuk meneruskan pendidikan, gaya hidup, serta harga diri yang tinggi, umumnya menurunkan kemungkinan remaja untuk meneruskan kehamilan, terutama jika ditunjang ketersediaan akses untuk melakukan aborsi. Pernikahan biasanya menjadi pilihan bagi remaja pada usia yang lebih muda serta tidak berkesempatan untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi.

II.5 Dampak Kehamilan Remaja
II.5.1 Dampak Medis Kehamilan Remaja
Kehamilan remaja, di dalam ataupun di luar nikah merupakan kehamilan resiko tinggi. Implikasi medis dari kehamilan remaja pada ibu antara lain: kematian ibu, anemia, hipertensi dalam kehamilan, hambatan persalinan, infeksi, perdarahan, aborsi yang tidak aman, dan tingkat fertilitas yang tinggi.
Implikasi medis dari kehamilan remaja pada bayi antara lain: berat bayi lahir rendah, prematuritas, dan kematian bayi.
II.5.2 Dampak Psiko-Sosial Kehamilan Remaja
Kehamilan remaja mempunyai dampak negatif terhadap kesejahteraan wanita remaja karena ia belum siap mental untuk hamil. Jika kehamilan itu terjadi di luar nikah, ada kemungkinan ia akan diusir, dikeluarkan dari sekolah, dan selanjutnya menghadapi masa depan yang tidak menentu. Dapat pula berakhir dengan perkawinan ‘terpaksa’ serta pengguguran dengan segala risikonya. Apapun yang dipilih, semuanya mempunyai dampak negatif terhadap perkembangan mental dan emosional remaja.
Remaja yang hamil umumnya juga mengalami putus sekolah, kesempatan kerja yang terbatas, sulit keluar dari kemiskinan, terpisah dari ayah biologis anaknya, terpisah dari keluarga, serta risiko kehamilan selanjutnya.

Bayi dari ibu remaja memiliki peningkatan risiko mengalami gangguan perilaku, gangguan belajar serta kelambatan perkembangan, dibandingkan ibu usia dewasa. Keadaan ini antara lain berhubungan dengan psikologis ibu, sehingga bayi/anak kurang mendapat stimulasi kognitif dan sosial secara dini, yang menyebabkan intelektual kurang berkembang serta pencapaian akademik kurang optimal.
Anak dari ibu remaja memiliki risiko lebih besar untuk mengalami salah asuh dan penelantaran. Anak perempuan dari kehamilan remaja meningkat 22% kemungkinannya untuk mengalami kehamilan remaja pula di kemudian hari. Sedangkan anak laki-laki dari kehamilan remaja memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah perilaku di sekolah maupun keterlibatan dalam tindak kriminal.



II.6 Penyebab Komplikasi Kehamilan Remaja
Penyebab komplikasi pada kehamilan remaja dapat disebabkan oleh faktor biologis remaja sendiri, tetapi juga tidak terlepas berbagai faktor sosial. Faktor mana yang menjadi penyebab utama komplikasi pada kehamilan remaja masih kontroversial.
II.6.1 Faktor Biologi       
Faktor biologi yang berpengaruh terhadap luaran kehamilan negatif adalah status gizi buruk, berat badan ibu yang kurang sebelum hamil, paritas dan pertambahan berat badan yang rendah saat hamil.
Jika seorang remaja mengalami kehamilan, maka kebutuhan untuk energi dan gizi remaja yang masih dalam pertumbuhan akan berkompetisi langsung dengan kebutuhan janinnya. Remaja yang masih dalam pertumbuhan akan mengalami deplesi cadangan besi nutrisi dengan sangat cepat. Risiko kelahiran BBLR juga dipengaruhi berat badan sebelum kehamilan yang memang rendah pada remaja, kebutuhan nutrisi remaja yang masih tinggi, serta belum matangnya fisiologi struktur maupun hormonal remaja.
Belum matangnya uterus serta suplai sirkulasi servikal pada kehamilan remaja juga dapat meningkatkan resiko infeksi subklinis dan produksi prostaglandin, sehingga memicu persalinan prematur.
Perkembangan kanal persalinan dalam rongga panggul berlangsung lebih lambat dibandingkan tulang panjang, sehingga kematangan kanal persalinan ini baru berlangsung beberapa tahun kemudian. Dengan demikian apabila remaja mengalami kehamilan, sering timbul permasalahan disproporsi kepala panggul, karena arsitektur panggul belum sempurna terbentuk untuk jalannya persalinan.


II.6.2   Faktor Sosial
Banyak faktor sosial yang juga berhubungan dengan luaran kehamilan yang buruk, seperti kemiskinan, status tidak menikah, tingkat pendidikan yang rendah, merokok, penggunaan obat terlarang, dan pelayanan antenatal yang kurang.
Komplikasi kehamilan remaja ini dapat diturunkan dengan perbaikan kunjungan antenatal. Namun seringkali, perempuan muda memiliki pengetahuan terbatas atau kurang percaya diri untuk mengakses sistem pelayanan kesehatan sehingga mengakibatkan pelayanan prenatal yang terbatas yang berperan penting terhadap terjadinya komplikasi. Dua puluh persen remaja kurang dari 15 tahun, atau 12% dari remaja keseluruhan, hanya melakukan kunjungan antenatal pada trimester ketiga, atau tidak pernah sama sekali.
Jika pelayanan antenatal berlangsung baik, maka remaja dapat terpenuhi kebutuhannya akan suplementasi besi dan nutrisi, serta konseling dan dukungan psikologis dalam menghadapi kehamilan dan persalinannya.
Namun demikian, suatu penelitian dengan populasi yang besar menunjukkan bahwa ketika faktor perancu sosial telah disingkirkan, komplikasi kehamilan remaja tetap tinggi.

II.7 Pencegahan
Banyak program pencegahan telah dibuat untuk mengurangi kehamilan remaja. Pada umumnya semua program tersebut dibuat dengan tujuan meningkatkan penggunaan kontrasepsi dan mengubah perilaku risiko tinggi yang berhubungan dengan kehamilan remaja dan penyakit menular seksual.



II.7.1 Pelayanan Kesehatan Wanita
Pelayanan kesehatan merupakan upaya pemecahan masalah yang dihadapi kesehatan remaja. Pelayanan ini meliputi semua tingkat pencegahan. Tingkat promosi meliputi penyelenggaraan komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai kesehatan remaja untuk orang tua, guru, remaja, dan pemuka masyarakat.. Remaja harus mendapat konseling untuk waspada untuk menunda keterlibatan mereka dalam aktivitas seksual, antara lain dengan kontrasepsi. Pada tingkat perlindungan khusus termasuk pemberian pelayanan kontrasepsi untuk remaja yang telah menikah. Diagnosis dini dan terapi segera adalah pemberian pelayanan/ pengobatan terhadap masalah-masalah yang dialami remaja, seperti perkosaan, kehamilan risiko tinggi, penyakit menular seksual, alkoholisme, dan narkotik. Terapi diarahkan untuk mengatasi trauma mental akibat masalah-masalah yang diuraikan diatas, sedangkan rehabilitasi berupa komunikasi, informasi, dan edukasi dan konseling yang masih dilanjutkan setelah pengobatan.
II.7.2  Lingkungan Sosial Remaja
Program ini bertujuan meningkatkan kehidupan sosial dan kemampuan psikologis remaja untuk menghindari perilaku berisiko tinggi seperti aktivitas seksual dini. Program ini dilaksanakan dengan ide dasar bahwa remaja yang menunda aktivitas seksualnya memiliki pendidikan tinggi, berinteraksi secara normal dengan teman sebaya dan hubungan orang tua dan anak yang dengan ciri pengawasan,dukungan dan komunikasi.
Terdapat juga program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa dan ikatan yang kuat dengan sekolah dan keluarga. Pada program tersebut, guru dan orangtua mendapat pelatihan rutin dalam kelas manajemen yang proaktif, kemampuan menyelesaikan masalah, manajemen perilaku anak, dan pencegahan penyalahguaan obat terlarang. Tetapi intervensi tidak termasuk pendidikan seksual.
Pada pemantauan terhadap program ini, 93% dari 349 sampel pada saat 21 tahun menunjukkan, pada grup intervensi terjadi penundaan pengalaman seksual dibanding kelompok kontrol (16,3 tahun berbanding 15,8 tahun; P<0 0="0" 4="4" 5="5" berbanding="berbanding" bersama="bersama" dan="dan" dengan="dengan" hidup="hidup" kehamilan="kehamilan" lebih="lebih" p="p" pasangan="pasangan" sedikit="sedikit" seksual="seksual" singkat="singkat" span="span" yang="yang">

II.7.3  Program Pendidikan Reproduksi untuk Remaja 
Pendidikan reproduksi untuk remaja didisain untuk memberikan pengetahuan sex dan reproduksi secara sesuai dan proporsional sehingga membantu mengembangkan perilaku yang positif di kalangan remaja dan pengasuhnya dalam menghadapi tantangan seksualitas pada usia remaja.
Kandungan pendidikan sex pada remaja antara lain meliputi fisiologi manusia, permasalahan remaja, gizi, perubahan pubertas, higienis, konflik anak-orangtua, percaya diri, hubungan antarpersonal, cinta, tanggung jawab, gaya hidup, rencana keluarga, permasalahan merokok, alcohol, penyalahgunaan obat, penyakit menular seksual, dan lain-lain.
Di AS, suatu program yang disebut Abstinence-Only Program, menjelaskan bahwa abstinensia seks merupakan metode paling efektif mencegah kehamilan dan PMS, dan juga menjelaskan kontrasepsi sebagai ‘pengaman’ terhadap remaja yang seksual aktif. Namun, suatu penelitian dengan 7340 sampel maupun suatu meta analisis menunjukkan ternyata program ini tidak mengubah terjadinya dan frekuensi aktivitas seksual, jumlah pasangan maupun penggunaan metode kontrasepsi lain.  


BAB III
KESIMPULAN

          Kelompok remaja adalah segmen yang besar dan berkembang sebagai bagian dari populasi. Lebih dari separuh populasi dunia adalah penduduk yang berumur kurang dari 25 tahun dan empat dari lima remaja tinggal di negara berkembang. Walaupun masa remaja secara umum adalah suatu periode yang sehat dalam kehidupan, banyak anak remaja sering kurang mendapat penerangan, kurang berpengalaman, dan kurang nyaman mengakses pelayanan keluarga berencana dan jasa kesehatan reproduktif jika dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu kondisi ini mungkin akan meningkatkan risko terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan, infeksi PMS, HIV dan konsekuensi kesehatan lain yang akan mempengaruhi  masa depan mereka.
Terdapat beberapa prediktor yang mempengaruhi hubungan seksual pada masa remaja dini, antara lain perkembangan pubertas yang dini, riwayat pelecehan seksual, kurangnya perhatian dan teladan dari orangtua, pola dan budaya pergaulan keluarga dengan riwayat hubungan seksual dini dalam keluarga, dan aktivitas sekolah yang rendah serta putus sekolah. Sebaliknya beberapa faktor yang memperlambat hubungan seksual remaja antara lain tinggal dengan orangtua dalam lingkungan yang stabil, pendidikan yang tertib, serta pendapatan keluarga yang lebih baik.
            Kehamilan remaja mempunyai dampak negatif terhadap kesejahteraan wanita remaja karena ia belum siap mental hamil dan bayi dari ibu remaja memiliki peningkatan  risiko mengalami gangguan perilaku, gangguan belajar serta kelambatan perkembangan.
            Banyak progran pencegahan telah dibuat untuk mengurangi kehamilan remaja, antara lain: peningkatan pelayanan kesehatan wanita, peningkatan kualitas lingkungan sosial remaja, dan program pendidikan seksual untuk remaja.
DAFTAR PUSTAKA

1.      Mahyuddin, Chandra. Profil Obstetrik Kehamilan Remaja dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Kota Palembang. Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Rumah Sakit  Dr. Mohammad Hoesin Palembang. 2008.
2.      Putra, Hytriawan Posma. Kehamilan Remaja. Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Rumah Sakit  Dr. Mohammad Hoesin Palembang. 2008.
3.      Fraser AM, Brockert JE, Ward RH. Association of young maternal age with adverse reproductive outcomes. New England J of Med 1995; 332: 1113-7
4.      UNFPA.  Kesehatan reproduksi remaja: Membangun perubahan yang bermakna. Out look, 2000 (16): 1-8.  Available at: http://www.path.org/ files/Indonesian_16-3.pdf
5.      Waspodo D. Kesehatan reproduksi remaja. Dalam: Obstetri dan Ginekologi Sosial. Jakarta; Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo 2005: 318-29
6.      As-Sanie S, Gantt A, Rosenthal MS. Pregnancy prevention in adolescent. American Family Physician, 2004 (70): 15-17-24. Available at: http://www.aafp.org
7.      Klein JD. Adolescent pregnancy: Trends and Issues. Pediatrics, 2005 (116): 281-6
8.      Nn. Facts on American Teens Sexual and Reproductive Health. 2006. Available at: http://www.guttmacher.org/pubs/fb_ATSRH.html
9.      Trad PV. Menilai pola yang dapat mencegah kehamilan pada remaja. Artikel Komunitas Kesrepro Remaja. Available at: http://situs.kesrepro.info/krr/arsip.htm 
10.  Xi-Kuan C, Shi WW, Nathalie F, Kitaw D, George GR, Mark W. Teenage pregnancy and adverse birth outcome: A large population based retrospective cohort study. Int J of Epid. Available at: http://www.medscape.com
11.  The American College of Obstetricians and Gynaecologist. Strategies for Adolescent pregnancy prevention. Available at:  http://www.acog.org
12.  NN. Adolescent pregnancy – Risk and realities. Available at: http://www.yhshr.org/theme.asp?id=1
13.  Saputra A. 22,6% Remaja Indonesia Penganut Seks Bebas. Jakarta; Detik, 2007. Didapat dari: http://www.detiknews.com
14.  Gunawan R. Pengetahuan, sikap dan perilaku remaja menikah yang hamil terhadap kehamilan remaja di kota Palembang. Palembang; Bagian Obstetri dan Ginekologi FK Unsri; 2002
15.  Pambudy NM. Perkawinan Anak Melanggar Undang-Undang Perkawinan. Cirebon; Institusi Fahmina, 2008. Available at:  http://fahmina.or.id/id/content/view/435/74/
16.  Neediman RD.  Growth and Development: Adolescence. In: Behrman RE, Kliegman RM, Jenson HB, eds. Nelson Textbook of Pediatrics. 16th ed. Philadelphia; W.B. Saunders Company, 2000: 52-7
17.  Terry-Humen E. Teen pregnancy and childbearing in the US and Virginia: Keeping the focus. Annual adolescent sexual health evaluation conference; Virginia, 2003. Available at: http://www.childtrends.org
18.  Klein JD. Adolescent pregnancy: Current trends and issues. American Academy of Pediatrics. Pediatrics 2005; 116: 281-6
19.  Gomez R, Santolaya J. Being mothers too early. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 2005 (192): 340-1
20.  Valdez TA. Teen pregnancy and parenting risks and consequences. Available at: http://homepages.wmich.edu/pregnancy.htm
21.  Jenkins RR. Special Health Problems During Adolescence. In: Behrman RE, Kliegman RM, Jenson HB, eds. Nelson Textbook of Pediatrics. 16th ed. Philadelphia; W.B. Saunders Company, 2000: 553-4, 577-80, 580-85
22.  Nielsen JN, O’Brien KO, Witter FR, Chang SC, Mancini J, Nathanson MS, Caulfield LE. High gestational weight gain does not improve birth weight in a cohort of African American adolescents. Am J Clin Nutr 2006; 84: 183-9
23.  Phipps MG, Blume JD, DcMonner SM. Young maternal age associated with increased risk of postneonatal death. Obstet Gynecol  2002; 100: 481-6
24.  American Academy of Pediatrics Committee on Adolescence. Adolescent pregnancy – Current trends and issues: 1998. Pediatrics 1999; 103: 516-20
25.  Chen XK, Wen SW, Flemming N, Demissle K, Rhoads GG, Walker M. Teenage pregnancy and adverse birth outcomes: a large population based retrospective study. International J of Epid 2007; 36: 368-73
26.  Raatikainen K, Heiskanen N, Verkasalo PK. Good outcome of teenage pregnancies in high-quality maternity care. Eur J of Public Health, 2005: 1-5.
27.  NN. A Good Time: Afterschool programs to reduce teen pregnancy. Available at: http://www.teenpregnancy.org
28.  Kean TH. Parents power: What parents need to know and do to help prevent teen pregnancy. Washington: the Johnson & Johnson Family of Companies, 2005. Available at: http://www.thenationalcampaign.org
29.  TexasDepartement of Health. Texas teen pregnancy and birth facts 2000. Available at: http://www.dshs.state.tx.us/famplan/pdf/Teen01.pdf
30.  NN. Sex education. Available at: http://www.yrshr.org
31.  Pauluik PA, Little J, Sieswerda LE. Teens perspectives: Prevention strategies for decreasing teen pregnancy in the Thunder Bay District. Focus group and questionnaire finding 2001. Available at: http://www.tbdhu.com
32.  Cipriano JA, Cipriano RJ, Baum JD, Pacana SM, Pinzon G. Adolescent visit questionnaire. The American college of obstetricians and gynecologists, 2003. Available at: http://www.coltsneckobgyn.com/forms.html